Ngaturaken ►►Namo Buddhaya Selamat Datang Welcome Sugeng Rawuh di Blog Sederhana ini_/|\_Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

13 February 2009

SK 12 KD 12.2 Kelas XII Semester 2

Standar Kompetensi:
12. Mengenal asal usuldan kelanjutan hidup manusia

Kompetensi Dasar:
12.2 Menjelaskan proses evolusi,pembentukan dan penghancuran bumi beserta isinya.

QUIZ
1. Jelaskan proses hancur dan terbentuknya alam semesta dan isinya menurut Tipitaka!
2. Jelaskan proses terjadinya makhluk hidup menurut Tipitaka!
3. Jelaskan proses hancur dan terbentuknya alam semesta menurut agama lain!
4. Jelaskan proses terjadinya makhluk hidup menurut agama lain!

4 comments:

RagaLiciouz ^^ said...

1. Proses terjadinya bumi menurut Tipitaka (Aganna Sutta), dimulai dari fluida (zat alir) yang berproses memadat sesuai pergerakannya. Makin lama makin memadat. Ketika proses memadat itu banyak manusia pertama lahir di bumi. Manusia ini melayang-layang dan bercahaya sangat terang.

Proses terjadinya jagad raya tidak diceritakan secara spesifik, namun disebutkan di dalam Anguttara Nikaya, bahwa jagad raya ini terdiri dari banyak susunan tata surya, galaksi, dan seterusnya (culanika lokadhatu, sahassi lokadhatu, mahasahassi lokadhatu) yang selalu berproses terbentuk dan padam / hancur sesuai kondisinya.

RagaLiciouz ^^ said...

2. Dalam Agganna Sutta Digha Nikaya, diuraikan bagaimana bumi kita ini terjadi. Begitu pula setelah bumi kita ini terjadi, maka manusia muncul di bumi. Pada waktu manusia muncul di bumi, bukan hanya seorang saja, tetapi manusia yg muncul itu banyak sekali dan munculnya pun secara bersamaan. Untuk jelasnya bagaimana bumi terjadi dan manusia muncul di bumi, ikutilah kutipan dibawah ini.

"Vasettha, terdapat suatu saat, cepat atau lambat, setelah suatu masa yg lama sekali, dunia ini hancur. Ketika hal ini terjadi, umumnya makhluk-makhluk terlahir kembali di Abhassara (Alam Cahaya); di sana mereka hidup dari ciptaan batin (mano maya), diliputi kegiuran, memiliki tubuh yg bercahaya, melayang-layang di angkasa hidup dalam kemegahan. Mereka hidup seperti itu dalam masa yg lama sekali. Vasettha, terdapat juga suatu saat, cepat atau lambat, setelah selang suatu masa yg lama sekali, ketika bumi ini mulai terbentuk kembali. Ketika hal ini terjadi, makhluk-makhluk yg mati di Abhassara (Alam Cahaya), biasanya terlahir kembali di sini (di bumi) sebagai manusia. Mereka hidup dari ciptaan batin (namo-maya), diliputi kegiuran, memiliki tubuh yg bercahaya, melayang-layang di angkasa , hidup dalam kemegahan. Mereka hidup seperti itu dalam masa yg lama sekali.

Pada waktu itu semuanya terdiri dari air, gelap gulita. Tidak ada matahari atau bulan yg nampak, tidak ada bintang-bintang maupun konstelasi-konstelasi yg kelihatan; siang maupun malam belum ada, bulan maupun pertengahan bulan belum ada, tahun-tahun maupun musim-musim belum ada; laki-laki maupun wanita belum ada. Makhluk-makhluk hanya dikenal sebagai makhluk-makhluk saja.

Vasettha, cepat atau lambat setelah suatu masa yg lama sekali bagi makhluk-makhluk tersebut, tanah dengan sarinya muncul keluar dari dalam air. Sama seperti bentuk-bentuk buih (busa) di permukaan nasi susu masak yg mendingin, demikianlah munculnya tanah itu. Tanah itu memiliki warna, bau dan rasa. Sama seperti nasi susu atau mentega murni, demikianlah warnanya tanah itu; sama seperti madu tawon murni, demikianlah manisnya tanah itu.

Vasettha, kemudian di antara makhluk-makhluk yg memiliki pembawaan sifat serakah (lolajatiko) berkata : "Apakah ini?" Lalu mencicipi sari tanah itu dengan jarinya. Dengan mencicipinya, maka ia diliputi oleh sari itu, maka nafsu keinginan masuk dalam dirinya. Makhluk-makhluk lain pun mengikuti contoh perbuatannya, mencicipi sari tanah itu dengan jari-jari mereka. Dengan mencicipinya, maka mereka diliputi oleh sari itu, nafsu keinginan masuk dalam diri mereka. Maka makhluk-makhluk itu mulai makan sari tanah, memecahkan gumpalan-gumpalan sari tanah tersebut dengan tangan mereka. Dengan melakukan hal ini, cahaya tubuh makhluk-makhluk itu menjadi lenyap. Dengan lenyapnya cahaya tubuh mereka, maka matahari, bulan, bintang-bintang dan konstelasi-konstelasi nampak. Demikian pula dengan siang dan malam, bulan dan pertengahan bulan, musim-musim dan tahun-tahun pun terjadi. Vasettha, demikianlah bumi terbentuk kembali.

Vasettha, selanjutnya makhluk-makhluk itu menikmati sari tanah, memakannya, hidup dengannya, dan berlangsung demikian dalam masa yg lama sekali. Berdasarkan atas takaran yg mereka nikmati dari makanan itu, maka tubuh mereka menjadi padat, dan terwujudlah berbagai macam bentuk tubuh. Sebagian makhluk memiliki bentuk tubuh yg buruk. Karena keadaan ini, maka mereka yg memiliki bentuk tubuh indah memandang rendah mereka yg memiliki bentuk tubuh buruk, dengan berpikir 'Kita lebih indah daripada mereka, mereka lebih buruk daripada kita'. Sementara mereka bangga akan keindahannya sehingga menjadi sombong dan congkak, maka sari tanah itu lenyap. Dengan lenyapnya sari tanah itu, mereka berkumpul bersama-sama dan meratap: 'Sayang, lezatnya! Sayang, lezatnya!'. Demikian pula sekarang ini, apabila orang menikmati rasa enak, ia akan berkata: 'Oh lezatnya! Oh lezatnya!' sesungguhnya apa yg mereka ucapkan itu hanyalah mengikuti ucapan masa lampau, tanpa mereka mengetahui makna dari kata-kata itu.

Vasettha, kemudian ketika sari tanah lenyap bagi makhluk itu, muncullah tumbuh-tumbuhan dari tanah (Bhumi Pappatiko). Cara tumbuhnya adalah seperti cendawan. Tumbuhan ini memiliki warna, bau dan rasa; sama seperti jadi susu atau mentega murni, begitulah warna tumbuhan itu; sama seperti madu tawon murni, begitulah manisnya tumbuhan itu. Kemudian makhluk-makhluk itu mulai makan tumbuh-tumbuhan yg muncul dari tanah tersebut. Mereka menikmati, mendapatkan makanan, hidup dengan tumbuhan yg muncul dari tanah itu, hal ini berlangsung dalam masa yg lama sekali. Berdasarkan atas takaran yg mereka nikmati dari makanan itu, maka tubuh mereka berkembang menjadi lebih padat, sehingga perbedaan bentuk tubuh mereka nampak lebih jelas; sebagian nampak indah dan sebagian nampak buruk.

Karena keadaan ini, maka mereka yg memiliki bentuk tubuh indah memandang rendah mereka yg memiliki tubuh buruk, dengan berpikir 'Kita lebih indah daripada mereka; mereka lebih buruk daripada kita'. Sementara mereka bangga akan keindahan dirinya sehingga menjadi sombong dan congkak, maka tumbuhan yg muncul dari tanah itupun lenyap. Selanjutnya tumbuhan menjalar (padalata) muncul, cara tumbuhnya seperti bambu. Tumbuhan ini memiliki warna, bau dan rasa; sama seperti jadi susu atau mentega murni, begitulah warnanya tumbuhan itu; sama seperti madu tawon murni, begitulah manisnya tumbuhan itu.

Vasettha, kemudian makhluk-makhluk itu mulai makan tumbuhan menjalar tersebut. Mereka menikmati, mendapatkan makanan dan hidup dengan tumbuhan menjalar tersebut, hal ini berlangsung dalam masa yg lama sekali.
Berdasarkan atas takaran yg mereka nikmati dari makanan itu, maka tubuh mereka tumbuh lebih padat; perbedaan bentuk tubuh mereka nampak lebih jelas; sebagian nampak indah dan sebagian nampak butuk. Karena keadaan ini, maka mereka memiliki bentuk tubuh indah, dengan berpikir : 'Kita lebih indah dari pada mereka; mereka lebih buruk daripada kita.' Sementara mereka bangga akan keindahan dirinya sehingga menjadi sombong dan congkak, maka tumbuhan menjalar itupun lenyap. Dengan lenyapnya tumbuhan menjalar itu, mereka berkumpul bersama-sama dan meratap: 'Menyedihkan, milik kita hilang!' Demikianlah pula sekarang ini, bilamana orang-orang ditanya apa yg menyusahkannya, mereka menjawab: 'Menyedihkan! Apa yg kita miliki telah hilang!' Sesungguhnya apa yg mereka ucapkan itu hanyalah mengikuti ucapan pada masa lampau, tanpa mengetahui makna dari kata-kata itu.

Vasettha, kemudian ketka tumbuhan menjalar lenyap bagi makhluk-makhluk itu, muncullah tumbuhan padi (sali) yg masak dalam alam terbuka (akatha-pakho), tanpa dedak dan sekam, harum, dengan butir-butir yg bersih. Bilamana pada sore hari mereka mengumpulkan dan membawanya untuk makan malam, maka keesokan pagi, padi itu telah tumbuh dan masak kembali; demikian terus-menerus padi itu muncul.

Vasettha, selanjutnya makhluk-makhluk itu menikmati padi (masak) dari alam terbuka, mendapatkan makanan dan hidup dengan tumbuhan padi tersebut, hal ini berlangsung demikian dalam masa yg lama sekali. Berdasarkan atas takaran yg mereka nikmati dari makanan itu, maka tubuh mereka nampak lebih jelas. Bagi wanita nampak jelas kewanitaannya (itthi-linga) dan bagi laki-laki nampak jelas kelaki-lakiannya (purisalinga). Kemudian wanita sangat memperhatikan keadaan laki-laki, laki-laki pun memperhatikan keadaan wanita. Karena mereka saling memperhatikan keadaan diri satu sama lain terlalu banyak, maka timbullah nafsu indera yg membakar tubuh mereka. Sebagai akibat adanya nafsu indera tersebut, mereka melakukan hubungan kelamin (methuna).

Vasettha, ketika makhluk-makhluk lain melihat mereka melakukan hubungan kelamin, maka beberapa dari makhluk-makhluk itu melempari mereka dengan pasir, ada yg melempar dengan abu, ada yg melempar dengan kotoran sapi, dengan berteriak: 'Kurang ajar! Kurang ajar!' bagaimana seorang dapat berbuat demikian kepada orang lain?'. Demikian pula sekarang ini, apabila seorang laki-laki dari tempat lain menjemput mempelai wanita dan membawanya pergi, orang-orang akan melempari mereka dengan pasir, abu atau kotoran sapi; yg sesungguhnya apa yg mereka lakukan itu hanyalah mengikuti bentuk-bentuk masa lampau, tanpa mengetahui makna daripada perbuatan itu.
(Agganna Sutta, Digha Nikaya)

RagaLiciouz ^^ said...

4. isLam : Penciptaan manusia menurut Islam adalah ditiupkannya Ruh sehingga Ruh itu nantinya akan menjadi janin pada umur 4bln diberilah janin itu nyawa.

krisTen : dalam bahasa lbrani, Allah ditunjukkan berbeda-beda dalam pasal 1 dan 2. Dalam pasal 1 Allah disebut Elohim (Allah) sementara dalam pasal 2 la disebut Yahwe (Tuhan) atau Yahwe-Elohim (Tuhan Allah). Lebih jauh, dalam pasal 1 Allah digambarkan sebagai sangat berkuasa, teratur dan sangat luar biasa - la hanya berbicara, maka terciptalah! Sebaliknya, dalam pasal 2 kita melihat Allah turun tangan, dengan lemah lembut membentuk manusia dari tanah liat dengan tangan-Nya sendiri dan menghembuskan napas hidup ke dalam lubang hidung yang tak bernyawa itu.

Hindu : Penciptaan dalam agama Hindu dijelaskan dalam Prasna Upanishad sebagai berikut: "Pada awalnya Sang Pencipta (Tuhan) merindukan kegembiraan dari proses penciptaan. Dia lalu melakukan meditasi. Lahirlah Rayi, jat ataumateri dan Prana, roh kehidupan, lalu Tuhan berkata: "kedua hal ini akan melahirkan kehidupan bagiku". Demikianlah mahluk hidup diciptakan, melalui suatu perkembangan perlahan dari dua unsur yang mula-mula diciptakan Tuhan sehingga mencapai bentuk-bentuknya sekarang.

RagaLiciouz ^^ said...

3. iSlam : Al-Quran menyatakan alam semesta datang dari satu sumber materi dan energi, dan kemudian Allah mengembangkannya. Islam mengakui konsep singulariti alam semesta (teori Big Bang). Surat Al-Anbiya: 30 juga menyatakan bahwa Hidrogen (dinyatakan sebagai air susunan atom air adalah H2O) adalah materi utama saat itu. Dan kemudian air (eksplisit) menjadi materi utama dari kehidupan.

kRisten : Yahudi kuno serta kaum Kristen memiliki dua legenda penciptaan, keduanya tercatat di kitab Bible. Yang pertama mengatakan, bahwa Hebrew menciptakan alam semesta serta terang dan gelap pada hari pertama, air dan daratan kering pada hari ke dua, semua tumbuhan pada hari ke tiga, matahari dan bulan serta bintang-bintang pada hari ke empat, semua burung dan hewan pada hari ke lima, lalu laki-laki dan wanita pertama pada hari ke enam.*1 Legenda penciptaan yang ke dua menyebutkan bahwa Tuhan membuat bumi, lalu laki-laki pertama, lalu tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatang, lalu terakhir seorang wanita.

hindu : "Seperti laba-laba mengeluarkan dan menarik benangnya, demikianlah alam semesta ini muncul dari Tuhan Yang Maha Esa". laba-laba mengeluarkan jaringnya secara perlahan-lahan dari perutnya. Menurut penelitian ilmiah modern, alam semesta kita sampai sekarang masih berkembang secara perlahan-lahan. menurut teori ledakan besar (big bang) alam semesta ini dari titik kecil perlahan-lahan berkembang makin membesar seperti balon karet yang ditiup.
Dari pernyataan di atas jelaslah menurut agama Hindu kehidupan pada alam semesta ini berkembang melalui evolusi.

Popular Posts