Ngaturaken ►►Namo Buddhaya Selamat Datang Welcome Sugeng Rawuh di Blog Sederhana ini_/|\_Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

20 March 2009

Ulangan Harian Kelas XI

1. Sebutkan contoh perbedaan kebenaran relatif dengan kebenaran absolut!
2. Bagaimanakah proses kerja hukum kebenaran?
3. Bagaimanakah proses ketergantungan manusia dengan ekosistem?
4. Sebutkan tanggung jawab kita terhadap masyarakat!
5. Sebutkan contoh-contoh perbuatan kita yang mencerminkan tanggung jawab kita terhadap
dunia!

6 comments:

Anonymous said...

Kebenaran atau dalam bahasa Pali disebut dengan sacca, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti keadaan (hal dan sebagainya) yang cocok dengan keadaan (hal) yang sesungguhnya. Jadi, kebenaran tidak selamanya menyangkut mengenai masalah moral semata.

Kebenaran sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu Paramatha-sacca atau Kebenaran Mutlak (Absolute) dan Sammuti-sacca atau Kebenaran Relatif.

Paramatha-sacca atau Kebenaran Mutlak adalah Kebenaran yang harus memiliki kriteria sebagai berikut:


1. Harus benar (apa adanya)

Tidak terikat oleh waktu, baik waktu dulu, sekarang dan waktu yang akan datang, kebenaran ini tetap ada dan tidak berubah ataupun berbeda.
Tidak terikat oleh tempat, baik di suatu tempat atau di tempat lain, di Indonesia atau di planet Mars, kebenaran ini ada dan tidak berubah ataupun berbeda.



2. Sammuti-sacca atau Kebenaran Relatif adalah Kebenaran yang masih terikat dengan waktu dan tempat. Kebenaran ini hanya ada berlaku di tempat tertentu dan waktu tertentu.

http://www.indoforum.org/archive/index.php/t-52010.html

Anonymous said...

3.1. Ekosistem dapat berlangsung secara minimum tanpa melibatkan komponen konsumen secara keseluruhan (hanya produsen dan pengurai, atau produsen, konsumen tingkat pertama dan pengurai).
2. Pada beberapa tipe ekosistem, manusia tidak dapat hidup karena tidak sesuai dengan habitatnya, misalnya ekosistem air laut dan ekosistem kutub.
3. Dalam beberapa kasus, kehadiran manusia justru mempengaruhi kestabilan ekosistem yang ada, baik bersifat positif maupun negatif.
4. Manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagi sumber makanan. Dan sebagai konsumen omnivora, tentunya tidak dapat hidup tanpa adanya produsen (tumbuhan) dan hewan mangsa (herbivora).
5. Tumbuhan berperan penting dalam siklus biogekimia, sehingga manusia sangat tergantung pada keberadaan tumbuhan.
...

http://joxzyn.blogspot.com/2009/01/ketergantungan-manusia-kepada-alam.html

Anonymous said...

4.Bersosialisasi dan berinteraksi dengan mereka.
Tidak merugikan mereka.
Bekerja sama dalam hal yang positif dengan mereka.
Menghormati mereka.

Anonymous said...

5.menggunakan ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern,dan juga menjaga nilai kemanusiaan kita dari perbuatan jahat kita sendiri.Kerja keras,tidak menyia-nyiakan waktu,pengabdian demi kepentingan banyak orang,berkorban demi negar dan bangsa.

Anonymous said...

2..Hukum Kesunyataan adalah hukum alam. Di sebut ‘alam’ karena keberadaannya, ada secara alami, apa adanya, tidak dibuat oleh siapa pun, tanpa campur tangan siapapun. Sedangkan hukum buatan manusia, jelas keberadaannya karena dibuat oleh manusia.
Karena Hukum Kesunyataan tidak dibuat oleh siapa pun, maka isi, proses atau cara kerjanya tidak bisa dihapus, dibatalkan, tidak bisa diubah atau diganggu oleh siapapun. Salah satu cara kerja Hukum Kamma adalah proses sebab-akibat. Maka tidak ada siapapun yang bisa merubah cara kerja Hukum Kamma tesebut dengan merubah proses sehingga yang ada hanya proses sebab-nya saja.

silvia said...

1.Sammuti-sacca atau Kebenaran Relatif adalah Kebenaran yang masih terikat dengan waktu dan tempat. Kebenaran ini hanya ada berlaku di tempat tertentu dan waktu tertentu.Sedangkan Paramatha-sacca atau Kebenaran Mutlak adalah Kebenaran yang Tidak terikat oleh waktu, baik waktu dulu, sekarang dan waktu yang akan datang, kebenaran ini tetap ada dan tidak berubah ataupun berbeda.
Tidak terikat oleh tempat, baik di suatu tempat atau di tempat lain, di Indonesia atau di planet Mars, kebenaran ini ada dan tidak berubah ataupun berbeda.

http://www.indoforum.org/archive/index.php/t-52010.htm

Popular Posts