Ngaturaken ►►Namo Buddhaya Selamat Datang Welcome Sugeng Rawuh di Blog Sederhana ini_/|\_Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

15 October 2011

Selamat Hari Raya Kathina

Masa Vassa tlah berakhir, saatnya umat Buddha menyatakan hormat dan bhaktinya pada Sangha dengan melaksanakan Kathina Dana. Banyak vihara melaksanakan Kathina Puja dengan berbagai macam variasi perayaan. Ada yang hanya melaksanakan puja bhakti sederhana dihadiri satu dua orang bhikkhu. Ada yang menyelenggarakan perayaan meriah dengan banyak bhikkhu.

Vihara Jaya Manggala Jambi melaksanakan Kathina Puja pada hari Minggu tanggal 16 Oktober 2011. Diawali dengan Pindapatta pada pagi hari. Dilanjutkan penyerahan Kathina Dana oleh anak-anak sekolah minggu, baik tingkat Play Group, TK, SD, SMP, dan SMA. Pada sore harinya dilaksanakan puja bhakti untuk umum dilanjutkan dengan perayaan Siripada Puja di Taman ACI. Pada pelaksanaan Siripada Puja ini menggunakan teratai yang dibuat dari kertas dan di tengahnya diletakkan lilin yang kemudian dihanyutkan ke danau. Sedangkan di vihara Sakyakirt, setelah Pindapatta dan Kathina Dana oleh anak-anak sekolah minggu. pada malam harinya dilaksanakan festival lampion.

Apapun jenis perayaan yang dilakukan di vihara-vihara, semua bertujuan mengembangkan saddha terhadap Buddha, Dhamma, dan Sangha. Kathina Dana juga bermanfaat bagi umat Buddha untuk berlatih melepas keterikatan dan kemelekatan terhadap harta benda yang diwujudkan dengan berdana kepada Sangha. Dana yang diberikan adalah empat kebutuhan pokok Sangha yaitu jubah, makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal. Namun untuk fleksibilitas, dana dapat diberikan dalam bentuk uang.

Suka cita menyambut Kathina. Apalagi si kecil Tara telah ikut serta menunjukkan rasa bhaktinya dengan ikut berdana Kathina. Meskipun uang yang 'rela' ia masukkan ke dalam amplop dananya hanya senilai dua hari uang jajannya, tetapi ia telah belajar sesuatu tentang bhakti dan tentangberbagi.

Selamat Hari Raya Kathina

No comments:

Popular Posts