Ngaturaken ►►Namo Buddhaya Selamat Datang Welcome Sugeng Rawuh di Blog Sederhana ini_/|\_Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

13 February 2014

Kista Mesentrium

Awal tahun dikejutkan dengan hasil pemeriksaan terhadap sebuah benjolan yang sudah setahunan ini bersarang di perut kanan. Karena tidak ada rasa sakit, maka benjolan itu tidak pernah kupikirkan apalagi kuperiksakan. Tapi entah kenapa hari itu aku tiba-tiba ingin menjumpai dokter.

Tanggal 7 Januari, mendaftarkan diri ke tempat praktik dr. Nadrizal, Sp.PD di Simpang Mangga. Diagnosa awalnya adalah Hepatomegalia (pembesaran hati?) dan diberi surat rujukan USG ke RS. Bratanata. Setelah menyerahkan tanda kasih Rp 100.000, aku pergi ke RS. Bratanata malam itu juga. Dapat info untuk puasa mulai jam 10 malam dan biaya USG Rp 170.000.

Esok harinya, pemeriksaan USG Abdomen oleh dr. A Rivai Soe'eb, Sp. Rad. Hasilnya tak sampai satu jam kemudian sudah bisa diambil. Karena dr. Nadrizal praktik di situ juga, maka sekalian aku mendaftarkan diri konsul ke beliau. Sambil menunggu jam buka praktik, menikmati semangkuk soto ayam depan RS. Theresia, dengan harga yang menurutku cukup mahal karena tidak sebanding dengan rasanya.

Konsul hanya beberapa menit saja karena hanya dua kalimat yang kuingat. Kalimat pertama, "Untung bukan Hepatoma, kalau Hepatoma saya angkat tangan." Kalimat kedua, "Operasi!". Selanjutnya adalah instruksi untuk menghadap dokter bedah.

Pulang dengan gontai. Sampai di rumah, baru kubaca hasil pemeriksaan USG Abdomen. Inilah hasilnya: sebelah medial dari ginjal kanan dan di bawah dari kandung empedu terdapat lesi kistik yang hipoechoic, batas tegas, dengan ukuran 7,73 cm, tak terlihat adanya turbulensi cairan. Kesimpulan: kista pada abdomen/kista mesentrium.

No comments:

Popular Posts