Ngaturaken ►►Namo Buddhaya Selamat Datang Welcome Sugeng Rawuh di Blog Sederhana ini_/|\_Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

12 November 2010

Berlindung pada Tiratana


Kompetensi Dasar   : 4.4 Mengembangkan diri dan merealisasi pernyataan berlindung kepada Tiratana
Indikator                    :
·         Menjelaskan cara-cara pengembangan diri untuk berlindung pada Tiratana
·         Menjelaskan cara merealisasikan pernyataan berlindung pada Tiratana
·         Menyebutkan syarat-syarat menjadi umat Buddha



Syarat menjadi umat Buddha

Menjadi umat Buddha, syarat yang pertama sekali, bukan harus bisa membaca paritta dalam bahasa Pali, yang mungkin sukar untuk dibaca pertama kali. Bukan pula harus mempunyai altar dgn patung Buddha yang indah dirumah. Meskipun membaca paritta dan punya latar adalah suatu hal yang sangat baik. Yang pertama kali harus dilakukan adalah harus siap dan berani mengubah cara berfikir. Seorang umat Buddha akan ditandai dgn cara berfikir yang Buddhistis -- cara berfikir Dhamma -- adalah kita dihadapkan pada kenyataan yang 'telanjang' yang terus terang; kenyataan itu sering tidak cocok dgn selera kita. Namun dengan menghadapi kenyataan dengan apa adanya ini akan membuat kita menjadi dewasa dan bijaksana. Satu contoh, kalau kita mengidap penyakit, maka seorang umat Buddha harus mau mengakui bahwa diri kita sakit.
Dhamma mengajak kita untuk melihat kenyataan hidup dengan apa adanya, dengan terus terang, tanpa screen/tabir. Oleh karena itu, meskipun berat & pahit, kalau kita mau melihat kenyataan dan menerima kenyataan, maka kita akan berfikit secara dewasa dan sikap kita akan menjadi sikap yang bijaksana. Menutupi penyakit adalah sikap yang kekanak-kanakan; karena itu sikapnya, tindakannya, perbuatannya kemudian tidak akan bijaksana. Sehingga perbuatannya akan menghancurkan dirinya sendiri. Inilah gunanya beragama, terutama mengenal Dhamma. Kita ditantang, diminta kesanggupan kita -- bukan hanya kesanggupan untuk menyumbang vihara. Bukan pula kesanggupan untuk menghafal paritta. Tetapi kesanggupan untuk MENGUBAH cara berfikir dan kesanggupan untuk berani melihat kenyataan sebagaimana adanya; sehingga sikap, tindakan & prilaku kita menjadi dewasa dan bijaksana.

No comments:

Popular Posts